Jumat, 28 Januari 2011

keadaan alam sekarang

Brasil adalah negara Amerika Latin yang terbesar. Meliputi wilayah seluas kira-kira separuh (47,3%) benua Amerika Selatan, negara ini mencakup wilayah 8,511,043 km persegi. Brasil merupakan negara terbesar kelima di dunia setelah Federasi Rusia, Kanada, Cina dan Amerika Serikat.

Di peta dunia terlihat tonjolan di sebelah Timur Brasil, merupakan kurva cekung pantai barat Afrika. Teori menunjukkan bahwa Afrika dan Amerika Selatan pernah menyatu namun terpisah setelah melalui jangka waktu berjuta-juta tahun lamanya.
Daerah Macapá di Brasil utara dilewati garis katulistiwa. Tropic of Capricorn melewati Brasil selatan, dekat São Paulo. Bagian Brasil yang paling lebar yakni 4.319,4 km hampir sama dengan jarak terjauhnya dari utara ke selatan yakni 4.394,7 km.

Brasil mempunyai 10 negara tetangga: Bagian Guyana Perancis dan negara-negara Suriname, Guyana, Venezuela seta Kolombia yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara. Uruguay dan Argentina berbatasan di sebelah selatan, dan di sebelah barat adalah Paraguay, Bolivia dan Peru. Hanya Ekuador dan Chile dua negara di benua Amerika Selatan yang tidak berbatasan dengan Brasil. Lautan Atlantik memanjang sepanjang seluruh sisi timur negara ini, memberikan garis pantai sepanjang 7.367 km.

Area

Brasil meliputi wilayah yang luasnya sama dengan luas gabungan semua negara Eropa atau meliputi area seluas 28 kali wilayah Italia.
Topografi

Bentang alam Brasil didominasi oleh dua ciri yang menonjol, yakni sungai Amazon dengan daerah aliran sungai dataran rendah yang mengelilinginya seluas 4.000.000 km persegi, dan Dataran Tinggi Tengah yang terletak di sebelah kanan sungai besar itu. Kebanyakan Dataran Tinggi Tengah terdiri dari tanah datar, berkisar dari ketinggian 984 sampai 1.640 kaki (300 sampai 500 meter) diatas permukaan laut, diselingi oleh rangkaian pegunungan rendah lembah. Dataran Tinggi tersebut membentuk lereng yang tajam disebelah timur, dimana beberapa puncak mencapai ketinggian 8.202 kaki (2.500 meter) atau lebih, dan kemudian menurun dengan tajam ke dataran pantai Atlantik yang menyempit. Puncak tertinggi Brasil, yaitu Pico da Neblina, mencapai ketinggian hingga 9.888 kaki (3.014 meter), terletak di sebelah utara dekat dengan perbatasan Venezuela.

Sungai

Brasil adalah negara yang memiliki salah satu sistem sungai terluas di dunia, dengan delapan aliran sungai. Daerah aliran sungai Amazon dan Tocantins-Araguaia di sebelah utara mencakup 56% dari pengaliran total negara Brasil. Sungai Amazon, terbesar dalam volume air dan terpanjang kedua dunia setelah sungai Nil , yakni 6.577 km, sepanjang 3.615 km diantaranya berada di wilayah Brasil. Sungai ini dapat dilayari kapal-kapal laut uap sampai sejauh 3.885 km ke hulu, mencapai Iquitos di Peru.
Sistem sungai Paraná-Paraguai mengaliri wilayah bagian barat daya negara bagian Minas Gerais, menuju selatan sampai Lautan Atlantik melalui Bantaran Sungai (Rio da Prata) dekat Buenos Aires , Argentina .

Sungai terbesar yang seluruhnya terletak di wilayah Brasil adalah São Francisco, yang mengalir sampai sejauh 1.609 km ke arah utara, sebelum berbelok ke arah timur menuju ke Laut Atlantik. Seperti Paraná dan Tocantins , sungai ini mengalir dari Dataran Tinggi Tengah negara tersebut. Beberapa bagian hulu sungai dapat dilayari kapal-kapal sungai, namun hanya 277 km hilir sungai tersebut dapat dilayari kapal-kapal yang menuju ke laut.

Meskipun Brasil pada prinsipnya adalah negara beriklim tropis, namun suhu rata-rata tahunan dari São Paulo hingga ke wilayah Selatan adalah 19C. Dibeberapa negara bagian Brasil Selatan bahkan dapat turun salju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar